Hubungan endokrin dengan obesitas

Sistem endokrin akan bekerjasama dengan sistem saraf dan sistem imun kekebalan tubuh untuk membantu kita melakukan berbagai aktivitas dan mengatasi stres. Dengan meningkatnya glukoneogenesis, glukosa plasma puasa akan meningkat maka terjadilah hiperglikemi. Asam lemak bebas yang tinggi dalam plasma berperan terhadap terjadinya resistensi insulin baik pada otot, hati, maupun pada pankreas gambar 2.

Siklus Randle di otot dan di hati A. Penelitian juga menunjukkan bahwa turunnya berat badan karena diet sehat, olahraga atau pembedahan berdampak pada penurunan risiko berkembangnya penyakit jantung, stroke, diabetesdiabetes tipe II dan beberapa jenis kanker. Wannamethee, dkk2 di Inggris memantau sebanyak pria usia menengah selama 12 tahun.

Obesitas dan Hormon Pertumbuhan Hormon pertumbuhan diproduksi oleh kelenjar pituitari di dalam otak kita. Penelitian pada tikus percobaan, leptin menghambat fosforilasi insulin receptor substrate-1 IRS yang akibatnya menghambat ambilan hubungan endokrin dengan obesitas.

Manifestasi klinis yang lain akan muncul juga seperti: Pada pria muda, hormon androgen masih diproduksi dalam jumlah yang banyak oleh testis.

194 HUBUNGAN OBESITAS DENGAN SIKLUS MENSTRUASI PADA

Pada prinsipnya, resistensi insulin dapat terjadi di tingkat reseptor insulin atau salah satu pasca reseptor yang diaktifkan oleh pengikatan insulin ke reseptornya. Begitu juga dengan sekresi insulin tampaknya normal dan kadar insulin plasma tidak berkurang.

Obesitas, Hormon dan Perilaku Orang yang mengalami obesitas memiliki kadar tertentu hormon yang akan mendorong akumulasi lemak tubuh. Hal ini menunjukkan bahwa sumber produksi estrogen sangatlah penting. Meningkatnya asam lemak bebas pada mereka yang gemuk dan diabetes melitus tipe 2 disebabkan oleh meningkatnya pemecahan trigliserid proses lipolisis di jaringan lemak terutama di daerah visceral.

Saat ini kreteria berikut digunakan untuk diagnose laboratorium diabetes mellitus. Dari hasil penelitian epidemiologis terbukti bahwa keterkaitan obesitas dan diabetes melitus tipe 2 lebih jelas pada mereka dengan obesitas sentral. Pada keadaan normal otot akan menggunakan glukosa oksidasi glukosa untuk menghasilkan energi.

Disfungsi ereksi pada laki-laki dan pruritus vulva pada wanita. Hal yang serupa juga dilaporkan penelitian pada manusia. Patogenesis Diabetes Mellitus Tipe II Patogenesis dari diabetes mellitus tipe 2 jauh lebih sedikit diketahui meskipun tipe ini merupakan yang tersering ditemukan.

Menstruasi ini dipengaruhi oleh kondisi hormonal dalam tubuh perempuan. Bastard, dkk. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa minimnya jumlah estrogen akan menyebabkan kenaikan berat badan yang berlebihan. Sehingga morbiditas dan mortalitas dini terjadi pada kasus yang tidak terdeteksi ini.

Pada keadaan tertentu perlu dilakukan pengobatan kombinasi Metformin tunggal selain menurunkan kadar glukosa darah juga menurunkan berat badan, oleh karena sangat dianjurkan pada penderita diabetes melitus tipe 2 gemuk. Secara umum status gizi pada penduduk dewasa laki-laki dan perempuan cenderung memiliki kelebihan berat badan dibandingkan dengan yang kurus, angka obesitas pada perempuan pun cenderung lebih tinggi dibanding dengan laki-laki.

Peran IL-6 pada resistensi insulin diduga melalui perlemakan adipositysecara tidak langsung berhubungan dengan kerja insulin.

Namun pada perjalanan berikutnya terjadi defisiensi absolut insulin yang ringan hingga sedang. Salah satu respon dini yang penting adalah terhadap insulin adalah translokasi glucose transport unit GLUTs, yang memiliki banyak tipe spesifik jaringan dan aparatus golgi ke membran plasma, yang mempermudah penyerapan glukosa oleh sel.

Obat yang berkaitan dengan faktor risiko kardiovaskuler Oleh karena prevalensi hipertensi, dislipidemi sangat tinggi pada penderita diabetes melitus, sedangkan sasaran yang ingin dicapai sangat ketat maka obat yang berkaitan dengan faktor risiko kardiovaskuler seperti antihipertensi, obat hipolipidemik hampir secara rutin diberikan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kadar leptin dalam darah seseorang akan turun setelah diet rendah energi. Sistem simpatis umumnya bersifat katabolik, mengeluarkan energi flight or flight sistem ini meningkatkan frekuensi jantung, mendilatasi bronki, dan mengurangi sekresi.

Hubungan Kadar Hormon dan Obesitas

Lemak yang terdapat di sekitar perut tubuh berbentuk buah apel merupakan faktor risiko tinggi untuk mengembangkan penyakit ketimbang lemak yang tersimpan di bokong, pinggul dan paha tubuh berbentuk buah pir. Menurut Price and Wilsonterapi insulin biasanya diperlukan untuk mengontrol metabolisme dan pada umumnya penderita peka terhadap insulin.

Obesitas dan Hormon Sebagai Faktor Risiko Penyakit Obesitas dikaitkan dengan peningkatan risiko sejumlah penyakit, seperti penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker, dan menurunkan kualitas dan usia hidup.Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia.

Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2.

Kuliah Hubungan Obesitas Dengan Sindroma Metabolik

Obesitas memiliki peran yang kurang baik dalam hal ini yaitu meningkatkan resistensi insulin oleh tubuh, sehingga glukosa yang ada di dalam darah tidak mampu di metabolisme dengan baik oleh sel dan akhirnya terjadi peningkatan glukosa dalam darah, memang resistensi insulin berkaitan dengan obesitas (Brunner and Suddarth, ).Author: Udien Martapura.

0 Votos positivos, marcar como útil. 0 Votos negativos, marcar como no útil. Kuliah Hubungan Obesitas Dengan Sindroma Metabolik. · PENDAHULUAN Prevalensi obesitas dan diabetes melitus tipe 2 meningkat dengan pesat di seluruh dunia. Sekitar 60% dari mereka yang obes menderita diabetes melitus tipe 2.

HASIL DAN PEMBAHASAN Tabel Distribusi frekuensi obesitas n=29 % Obesitas ringan 0 0 Obesitas sedang 19 Obesitas berat 10 Berdasarkan tabel diperoleh data yaitu mayoritas WUS dengan obesitas sedang (%).

Obesitas juga memiliki hubungan dengan inflamasi (peradangan) kronis tingkat rendah di dalam jaringan lemak. Berlebihnya simpanan lemak dapat menyebabkan stres reaksi pada sel-sel lemak, yang pada gilirannya akan menyebabkan pelepasan faktor pro-inflamasi dari sel-sel lemak itu sendiri dan sel-sel imun dalam jaringan lemak.

Hubungan endokrin dengan obesitas
Rated 0/5 based on 10 review