Jurnal manajemen peningkatan berat badan ternak

Pakan ternak ruminansia meliputi hijauan rumput-rumputan sebagai sumber energi dan hijauan leguminosa sebagai sumber protein serta dapat disertakan pakan tambahan konsentrat.

Manajemen Usaha Ternak Kambing dan Domba

Daun nangka, daun pisang, daun turi, daun petai cina dll. Pakan penguat dapat berupa dedak jagung, ampas tahu, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, atau campuran pakan tersebut. Dari berbagai sumber. Hijauan kering dapat berupa hay, sedangkan awetan dapat berupa silase. Disamping itu beberapa perlakuan seperti pemanasan, oksidasi dan penyimpanan terhadap bahan pakan akan mempengaruhi konsentrasi kandungan vitamin dan mineralnya.

Secara ekonomis hubungan asosiasi positif ini penting, karena pakan dasar selalu lebih murah dibandingkan dengan pakan konsentrat per satuan berat.

Kebanyakan untuk menilai gizi suatu hijauan pakan berdasarkan pada kandungan protein. Letak kandang isolasi harus jurnal manajemen peningkatan berat badan ternak belakang dan agak jauh dari bangunan lainnya. Bahan makanan hijauan berfungsi sebagai pengenyang, sumber mineral, karbohidratvitamin-vitamin dan protein.

Tower Silo: Lingkungan yang tidak bersih dapat menimbulkan beberapa penyakit diantaranya; Penyakit mulut dan kuku Merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan ternak mengalami kematian, penyakit ini menyerang bagian kuku dan mulut, mulut melepuh dan diselaputi lendir, akibatnya ternak mati karena tidak mau makan.

Pemberian air minum semakin penting, apabila kepada ternak diberikan pakan komplit yang umumnya kering. Jika kualitas nutrisi pakan dasar hijauan baik, dan tersedia dalam jumlah cukup, maka penggunaan pakan konsentrat dapat disesuaikan menurut kebutuhan.

Memotong kuku Kuku yang terlalu panjang dapat menyebabkan gangguan kesehatan karena akan membentuk rongga di bawah kelopak kaki. Pada keadaan normal,laju akumulasi lebih sedikit dibandingkan laju sintesis ataupun laju katabolismenya.

Makanan ternak digolongkan menjadi beberapa kelas menurut keadaan, usia dan kebutuhan: Pertambahan Bobot Badan Pertambahan bobot badan PBB mencerminkan tingkat kemampuan ayam broiler dalam mencerna ransum untuk diubah menjadi bobot badan.

Adapun kegunaan dari praktek produksi ternak potong yaitu untuk mengetahui jumlah pakan yang dibutuhkan ternak berdasarkan berat badannya dan untuk mengetahui perbandingan antara jumlah pakan yang dikonsumsi dengan jumlah konsumsi air minum, dan feses.

Pada ternak domba atau kambing pada saat sebelum dimasukkan ke dalam kandang sebaiknya dilakukan pengenalan kandang pada ternak, kemudian ternak diusap-usap bulunya sebagai tanda sayang pada ternak.

Kelompok hijauan yang sengaja ditanam, misalnya lamtoro, turi kaliandra, gamal dan sentero c.

MANAJEMEN PAKAN TERNAK KAMBING

Dibandingkan dengan ternak betina, ternak jantan biasanya tumbuhlebih cepat dan pada umur yang sama berat badannya akan lebih besar. Sapi ongole masuk di Indonesia mulai abad ke 19, dan dikembangkan cukup baik di pulau Sumba, sehingga lebih populer dikenal sebagai sapi sumba Ongole.

Menurut Murtidjohijauan pakan merupakan pakan utama bagi ternak ruminansia dan berfungsi sebagai sumber gizi, yaitu protein, sumber tenaga, vitamin dan mineral.

Mengetahui jenis-jenis pakan untuk ternak 2. Terdapat hubungan negatif antara konsumsi air dengan kecernaan pakan berserat tinggi, baik pada kambing dengan habitat kering kambing Bedouin maupun pada kambing dari daerah beriklim sedang kambing Mamber.

Pakan lengkap yang dimaksud adalah campuran antara hijauan atau sumber serat dengan konsentrat dalam bentuk yang homogen uniform dengan kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan ternak, dengan demikian begitu ternak mengkonsumsi pakan ini sekaligus hijauan dan konsentrat masuk bersama-sama dalam rumen.

Menurut kebijaksanaan pemerintah, sub sektor peternakan, sapi potong sebagai salah satu usaha perlu terus dikembangkan, terutama usaha peternakan, sapi potong sebagai salah satu usaha perlu terus dikembangkan, terutama usaha peternakan sapi potong yang bersifat usaha keluarga. Hijauan pakan merupakan makanan utama ternak ruminansia berfungsi sebagai pengisi perut juga sumber gizi yaitu protein, sumber tenaga, vitamin dan mineral.

Konstruksi bangunan kandang yang benar ialah yang dirancang sesuai dengan iklim setempat, jenis ternak dan tujuan usaha peternakan itu sendiri. Apabila menggunakan pakan dari pabrik, maka jenis pakan disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan ayam, yang dibedakan menjadi 2 dua tahap.

Hal ini berkaitan erat dengan ukuran partikel yang lebih mudah dikonsumsi dan dicerna. Untuk tujuan itu diperlukan peningkatan produktivitas dan populasi ternak yang berpegang pada prinsip-prinsip sebagai berikut: Produk-produk ternak, seperti daging, susu, telur dan hasil-hasil ikutan lain,pada dasarnya merupakan hasil dari serangkaian proses yang kompleks, mulai dari prosespencernaan sampai metabolisme zat-zat gizi, yang mengakumulasikan protein, karbohidrat,lemak dan mineral pada jaringan-jaringan tubuh.

Kandang kambing dan domba Sistem perkandangan intensif dapat membantu ternak menjadi lebih produktif. Secara umum jumlah makanan yang diberikan untuk seekor sapi setiap hari adalah sebagai berikut:Pertambahan bobot badan sapi pedaging berkisar antara 0,1 kg – 0,3 kg perekor per hari.

Tetapi dengan penggunaan breed unggul dengan disertai dengan perbaikan makanan dan pengelolaan telah menunjukkan pertambahan berat badan harian sapi yang lebih tinggi yaitu berkisar antara 0,4 kg- 0,6 kg. Kepadatan tinggi menurunkan berat badan pullet umur 18 minggu, meningkatkan kerusakan dada pada broiler, menimbulkan kanibalisme pada ayam, yakni ayam saling patuk mematuk sehingga menimbulkan luka pada tubuh ternak sehingga memudahkan masuknya parasit dan menimbulkan penyakit dan akhirnya meningkatkan angka kematian, pencapaian berat badan Author: Sagigakure.

Dalam usaha budidaya ternak kambing yang dikelola secara intensif maupun semi intensif, pakan merupakan salah satu komponen input yang sangat menentukan keberhasilan usaha secara finansial.

Manajemen pemberian pakan membutuhkan strategi dan analisa lebih lanjut untuk mencapai tujuan dari usaha ternak kambing. Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengestimasi berat badannya, kemudian dikonversikan menjadi “berat badan metabolis” yang merupakan bobot tubuh ternak tersebut.

Berat badan ternak dapat diketahui dengan alat timbang.

Dalam praktek di lapangan, berat badan ternak dapat diukur dengan cara mengukur panjang badan dan lingkar vsfmorocco.com: Abdul Khaliq, vsfmorocco.com Oct 20,  · Ternak sapi bali ini dikandangkan dan diberi pakan pada kandang dengan asumsi jumlah pakan sebesar 10 % dari berat badan ternak.

Penggemukan (Fettening) dapat dilakukan dengan mengkandangkan ternak dan ini lebih baik dan efisien ini dilakukan oleh karena dengan mengkandangkan sapi dapat mempercepat peningkatan bobot badan sapi bila dibandingkan. Untuk tujuan itu diperlukan peningkatan produktivitas dan populasi ternak yang berpegang pada prinsip-prinsip sebagai berikut: Dalam Artikel ini akan diulas mengenai manajemen pemeliharaan ternak domba dan kambing secara lebih rinci meliputi pakan, perkandangan, perawatan, sanitasi dan pencegahan penyakit.

3 % dari berat badan (BK.

Jurnal manajemen peningkatan berat badan ternak
Rated 3/5 based on 34 review