Pengaturan berat badan pada atlet pdf

Asupan Bahan Makanan Dan Gizi Bagi Atlet Renang

Hal-hal yang umum Tidur untuk istirahat yang cukup, hindari minuman beralkohol, rokok dan yang lain. Gambar 3. Oleh karena air dingin lebih cepat diserap oleh usus, sehingga waktu pengosongan lambung lebih cepat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan cedera akibat aktivitas olahraga yang salah. Kategori pertandingan Pencak Silat yang menampilkan 3 tiga orang Pesilat dari kubu yang sama mempergerakkan kemahirannya dalam Jurus Regu Baku secara benar, tepat, mantap, penuh penjiwaan dan kompak dengan tangan kosong serta tunduk kepada ketentuan dan peraturan yang berlaku untuk kategori ini.

Kontraksi otot akan tetap berlangsung apabila ATP yang telah berkurang dibentuk kembali. Ditjen dikti. Teknik Perlu diciptakan teknik yang benar untuk menghindari cedera.

Konsultasi Gizi Bagi Atlet Untuk lebih lengkapnya, makalah dapat dipelajari mulai halaman 7 sampai dengan di dalam buku ini.

Identifikasi Masalah Berdasarkan pada uraian latar belakang masalah diatas, maka dapat diidentifikasi beberapa masalah, yaitu sebagai berikut: Mineral-mineral penting seperti potasium, kalium, magnesium akan terbuang bersama urine sehingga dapat menimbulkan dehidrasi.

Namun pada pemberian makanan, tetap perlu diperhatikan fungsi masing-masing bahan makanan bagi jenis olahraga atlet, apakah jenis olahraganya endurance atau latihan beban dan apakah untuk aktivitas fisik yang berat atau lama dan berkepanjangan.

Biomekanik merupakan kombinasi anatara disiplin ilmu mekanika terapan dan ilmu-ilmu biologi dan fisiologi. Faktor pribadi Kematangan motoritas seorang olahraga akan lebih mudah dan lebih sering mengalami cedera dibandingkan dengan olahragawan yang sudah berpengalaman.

Tiga 3 hari diet tinggi karbohidrat umumnya dirasakan cukup untuk kompetisi dan juga untuk meminimalkan lipogenesis. Secara umum Kebutuhan protein bagi individu yang bukan atlet berkisar antara 0.

Daya tahan otot adalah kapasitas kinerja ulangan gerak secara terus menerus. Telah menyadari kegunaan akan pentingnya latihan-latihan yang teratur untuk kesegaran dan kesehatan jasmani dan rohani.

Meskipun atlet banyak kehilangan elektrolit termasuk sodium melalui keringat, terutama dalam cuaca panas namun kehilangan tersebut dapat diganti dengan jumlah garam yang sangat sedikit. Mengetur temperature tubuh selama aktivitas fisik c. Dahulu, protein hewani dianggap berkualitas lebih tinggi daripada protein nabati, karena mengandung asam-asam amino yang lebih komplit.

Fluid and Fuel Intake During Exercise. Pre Test dan Post Test 2. Asam lemak yang terbentuk dapat secara langsung digunakan sebagai sumber energi oleh banyak sel, kecuali sel darah merah dan sel susunan saraf pusat hanya dapat menggunakan glukosa.

Adapun pengertian Biomekanik secara ilmiah adalah ilmu yang mempelajari cara menentukan gaya, perubahan dan beban mekanik pada otot, tulang dan sendi dari tubuh manusia.

B. Kebutuhan Energi

Pemberian karbohidrat pada saat bertanding dengan cara suplemen makanan bertujuan untuk mencegah terjadinya hipoglikemi, mencegah kelelahan dan untuk mempertahankan daya kerja otot.

Penggunaan gula dan bentuk karbohidrat lain yang padat dapat menjamin konsumsi energi dan karbohidrat yang adekuat. Jadi dengan hidangan: Gerakan ini bekerja pada jalur imaginer yang disebut sumbu rotasi.

Taylor, dkk.

PEDOMAN PELATIHAN GIZI OLAHRAGA UNTUK PRESTASI

Jurnal Ilmu Keolahragaan. Bukan saja jumlah atau kualitas zat-zat gizi yang kita butuhkan tercukupi, tetapi juga kualitas zat-zat gizi yang kita konsumsi bermutu tinggi. Cedera Memar Penanganan pada cedera memar adalah sebagai berikut: Jenis sodium lain yang sering dikonsumsi Msg Monosodium glutamatsodium bicarbonat dan beberapa vitamin C, tablet dalam bentuk sodium ascorbate.

Cedera ringan tidak kalah berbahayanya dari cedera berat terhadap masa depan atlit. Gz, Sp. Sebagai pelatih, guru pendidikan jasmani haruslah mengetahui cara pencegahan ataupun pertolongan pertama secara benar.1/19/ · A.

PENGATURAN MAKAN PADA ATLET RENANG.

Konseling Gizi Pada Atlet

Pemantauan status gizi secara rutin harus tetap dilaksanakan terutama untuk mengontrol berat badan. Atlet harus melakukan penimbangan badan setiap hari untuk mengetahui keadaan berat badan. Jenis karbohidrat yang dikonsumsi atlet pada setiap kali makan utamanya harus berasal dari makanan sumber.

tubuh dan terapan gizi pada atlet serta gangguan G. Kelebihan berat badan/Obesitas H. Osteoporosis Olahraga I. Diabetes Melitus Bab 9 GANGGUAN MAKAN PADA ATLET A. Gangguan makan Pengaturan gizi untuk atlet tidaklah jauh berbeda dengan pengaturan gizi.

Perhitungan Jumlah Kalori Atlet Vita seorang mahasiswa berumur 20 tahun mempunyai tinggi badan cm dan berat badan 60 kg. Dia seorang atlet bolabasket dalam tim nasional.

Dia berlatih berupa lari 3 hari seminggu dengan kecepatan 5 menit per km selama satu jam. Selain itu, Mary berlatih bolabasket 2 kali seminggu selama 20 menit. pengaruh metabolisme energi dan olahraga pada ototFull description Author: M.

Berapa banyak air yang harus Anda minum setiap hari?

Berri Ridhoka. 1 NUTRISI PADA ATLET dr. Ermita vsfmorocco.com, MS Nutrisi yang tepat merupakan dasar utama bagi penampilan prima seorang atlet pada saat bertanding. Selain itu nutrisi ini dibutuhkan pula pada kerja biologik tubuh, untuk penyediaan energi tubuh pada saat seorang atlet melakukan berbagai aktivitas fisik, misalnya pada saat latihan (training), bertanding dan saat pemulihan, baik setelah latihan maupun.

gizi secara antropometri meliputi berat badan, tinggi badan, tebal lipatan kulit (biseps, triseps, subscapula, suprailliac Pengetahuan gizi khususnya tentang pengaturan makanan untuk atlet Pada saat melakukan aktivitas fisik, otot memerlukan.

Pengaturan berat badan pada atlet pdf
Rated 4/5 based on 77 review